Cristian Holy PLaces

 

1.       Bethlehem

Kota ini sebagai pusat budaya Palestina dan kini jadi industry pariwisata, letaknya di Tepi Barat Palestina, tepatnya 10 km di sebelah selatan Jerusalem, dengan ketinggian sekitar 765 m (2.510 kaki) di atas permukaan laut. Jumlah penduduknya sekitar 29.019 jiwa menurut sensus tahun 2005. Orang Kristen percaya, kota ini tempat kelahiran Jesus Christ dari Nazareth. Sehingga kota ini merupakan tempat komunitas Kristen Palestina terbesar di Timur Tengah

Ada sebuah gereja yang disebut Gereja Kelahiran, dibangun tahun 330 oleh Konstantin Agung. Letaknya di tengah Bethlehem. Uniknya, gereja ini ada di atas sebuah gua yang dalam bahasa inggris disebut Holy Cript. Ini merupakan gereja tertua di dunia dan dipercaya sebagai tempat kelahiran JEcus Crisht.

Ada juga gua di dekatnya, tempat Hieronimus, baoak Latin, menerjemahkan Alkitab dari bahasa Yunani ke bahasa Latin. Beliau mengerjakan selama 30 tahun. Selain gereja, ada juga Universitas Bethlehem, sebuah lembaga pendidikan besar Katolik Roma yang didirikan di bawah arahan vatikan.

2.       Jerusalem

Kota ini luasnya hanya 126 km persegi, dengan penduduk sekitar 724 ribu jiwa. Dalam bahasa Ibrani disebut Yerushalayim, atau bahasa Arab-nya Urshalim Al-Quds. Kota ini merupakan kota suci bagi agama Islam, Kristen, dan Yahudi, di Timur Tengah.

Kota ini diklaim sebagai ibu kota Israel, meskipun tidak diakui secara internasional. Kenyataanya Kosta Rika dan El Salvador menempatkan kedutaan mereka di Jerusalem, namun PBB ingin menjadikan Jerusalem sebagai Kota Internasional. Sementara Palestina pn bersikeras menganggap Jerusalem bagian dari negara mereka. Akibatnya, UNESCO mulai tahun 1981 melindungi kota ini sebgai kota warisan dunia.

3.       Lourdes, Perancis

Basilika Our Lady of Lourdes (Lorda dalam bahasa Occitan) adalah sebuah kota di Departemen Hautes-Pyrenees di Perancis. Kota ini, yang terletak di bagian selatan negerinya Napoleon dan berada di kaki Pegunungan Pyrenees serta memiliki 17.000 jiwa penduduk, tidak hanya menjadi tempat ziarah agama Katolik terbesar di Perancis, tapi juga banyak dikunjungi umat lain.

Pada bulan Febuari 1858, perawan Maria Terbekati menampakan diri kepada anak kecil berumur 14 tahun bernama Bernadette Soubirous (sekarang St. Bernadette) di Gotto of MAssabielle, sebuah tempat terpencil. Bernadette Soubirous memasuki Biara Nevers pada 1866 dan ditahbiskan pada tahun 1933.

Setiap tahun, dari Maret sampai Oktober, “Sanctuary of Our Lady of Lourders” menjadi tempat ziarah missal dari Eropa dan tempat lain di seluruh dunia. Mata air yang ada di sana, dipercayai memiliki sifat penyembuhan, dan Gereja Katolik Roma telah mengakui 66 penyembuhan ajaib. Itu kemudian menjadi tempat ziarah Gua Maria paling popular, di samping tempat ziarah Maria (Our Lady of Guadalupe) di Meksiko.

4.       Crisht The Redeemer, Rio de Janeiro, Brazil

Sebuah patung Jesus Christ dengan gaya arsitektur Art Deco, setinggi 38 meter, berada di puncak Gunung Corcovado, yang tingginya 710 m di Taman Nasional Hutan Tijuka, menghadap ke kota Rio. Patung ini menjadi symbol kebanggaan kota.

Pada bulan Oktober 2006, pada hari jadi ke-75 patung ini, Archbishop of Rio Cardinal Eusebio Oscar Scheid mendirikan Chapel Nossa Senhora Aparecida di bawah patung Christ. Chapel ini sekarang sering dipakai orang Katolik untuk upacara baptis dan pernikahan.

5.       Vatican, Roma, Italia

Tempat ini punya makna khusus untuk penganut Katolik. Karena St. Peter’s Basilica ada di dalam Vatican Citym yang merupakan bagian dari Takhta Suci dan sudah menjadi satu negara kecil atau microstate sejak 1929.

Vatican City adalah negara dalam negara yang punya pemimpin negaranya sendiri, post office, fire brigade, police service, bank, internet domain, dan bahasa sendiri. Vatican City termasuk satu dari lima kawasan di Roma yang dianggap kota yang bisa mempertahankan warisan peradaban tertua dunia.

The Vatican dikenal sebagi istana Tkhta Suci, karena Paus, pemimpin tertinggi umat Katolik, berdomisili di sini. Kharismanya juga luar biasa. Pada saat Paus Yohanes Paulus II meninggal, lapangan Vatican menjadi tempat berkumpulnya para pemimpin dunia. Bahkan pemimpin dunia yang lagi bertempur hebat bisa duduk berdekatan di acara pemakaman itu.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s