The Pursuit of Dreams

 

Cita-cita dan harapan penting untuk menentukan arah hidup kita. Ketimbang menjalani hidup yang tanpa tujuan, hanya menghabiskan waktu begitu saja tanpa ada sesuatu yang bermanfaat lebih baik kita tentukan apa yang ingin kita capai atau kita raih.

1.       Dare to dream big

Sebenernya ada sedikit perbedaan antara mimpi dan cita-cita. Cita-cita mungkin lebih bisa digambarkan dalam betuk profesi, sedangkan mimpi lebih detail ke perasaan kita masing-masing. Misalnya, cita-cita kamu adalah menjadi seorang dokter, mungkin mimpi kamu adalah bisa punya tempat praktek sendiri yang gratis untuk rakyat miskin yang buka tiap hari sabtu.

Harus diingat, bahwa nggak ada mimpi yang terlalu besar untuk bisa diwujudkan. Maka tentukan mimpi terbesar kamyu saat ini.

if you can imagine it, you can achieve it; if you can dream it, you can become it” – William Arthur Ward

2.       Stay positive

Jangan kacaukan mimpi dan cita-cita kamu cuma karena pikiran negative. Pikiran yang bilang bahwa kamu nggak mungkin bisa meraih mimpimu sendiri. The power of mind memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan kita. Kalau kamu terus berpikir ‘nggak bisa’ maka nantinya memang pasti nggak bisa. Tapi kalau kamu yakin bisa, maka kamu akan bisa.

Sebuah buku berjudul The Secret yang juga udah diangkat dalam film berjudul sama, bilang; pikiran itu bersifat magnetis dan punya frekuensi yang dipancarkan ke alam semesta. Kalau kita memikirkan hal-hal yang buruk maka, kita akan memancing segala kejadian buruk menghampiri kita.

Pikiran dan perasaan anda menciptakan hidup anda. Dan akan selalu begitu” –Lisa Nichols

3.       Ignore the haters

Cemoohan atau ledekan terhadap cita-cita selalu dihadapi oleh orang-orang besar di dunia ini. Terutama kalau cita-cita dan mimpinya itu adalah sesuatu yang baru. Tapi orang-orang besar itu nggak pernah berhenti bermimpi hanya karena jadi bahan tertawaan. Buat mereka, hal-hal kayak gitu nggak lebih dari sekedar interupsi ringan yang nggak ada artinya. Mereka tetap bermimpi karena mereka yakin dan percaya sama apa yang mereka impikan.

4.       Break your border

Apakah kamu tahu kalau kutu loncat adalah binatang yang mampu melompat 300 x tinggi tubuhnya? Tapi kalau dimasukan ke dalam sebuah kotak korek api kosong lalu dibiarkan disana selama 1 sampai 2 minggu, kutu tersebut jadi Cuma bisa melompat seinggi kotak korek api saja.

Ternyata ketika kutu itu berada di dalam kota korek api dan mencoba melompat tinggi, ia selalu terbentur. Ia mencoba lagi dan terbentur lagi. Terus begitu sampai ia mulai ragu sama kemampuannya sendiri. Mulailah si kutu berpikir “ kayaknya kemampuan saya melompat memang cuma segini deh”. Lalu ia menyesuaikan tinggi loncatannya setinggi kotak korek api. Aman, si kutu nggak terbentur. Ia pun jadi sangat yakin; “nah benar kan? Kemampuan saya memang cuma segini. Inilah saya!”. Waktu dikeluarkan dari kotak korek api, kutu itu masih merasa batas kemampuan loncatannya hanya sebatas kotak korek api dan ian pun hidup seperti itu sampai mati.

Di dunia nyata, kotak korek api melambangkan batasan dan hambatan kita. Kalau kamu ingin meraih impian, kamu harus bisa menembus berbagai keterbatasan itu. Know your potentials karena penghalang keberhasilan yang terbesar seringkali bukan dating dari kurangnya kemampuan atau kesempatan, tetapi rendahnya pendapat kita sendiri tentang apa yang bisa kita capai.

“Dreams have always expanded our understanding of reality by challenging our boundaries of the real, of the possible” – Henry Reed

5.       Path of Dream

Kalau mimpi kamu adalah sebuah tempat tujuan, maka pasti ada jalan yang akan mengantar kamu kesana. Mungkin lebih dari satu jalan yang benar, tapi pasti ada juga jalan yang justru membawa kamu menjauh dari sana. Jalan ini yang harus dihindari. Di sinilah ke-realistisan harus berjalan. Kamu boleh punya mimpi ‘segila’ apapun, tapi kamu harus mengikuti jalan yang benar untuk mencapai kesana.

“ To dream anything that you want to dream. That’s the beauty of the human mind. To do anything that you want to do. That is the strength of human will. To trust yourself to test your limits. That is the courage to succeed”. – Bernard Edmonds

6.       Stay motivated

Motivasi itu bagus banget buat pikiran kita, so keep yourself motivated. Apapun yang bisa membuat kamu tetap bersemangat meraih mimpi. Ada banyak caranya agar tetap bersemangat, misalnya dengan membaca buku-buku yang memberi inspirasi tentang kisah sukses seseorang dengan mimpi yang sama dengan kamu, atau menulis quote-quote yang encouraging. Yakinkan pikiran kamu, hatimu,dan seluruh sel-sel tubuhmu bahwa kamu bisa mewujudkan mimpi tersebut

“I have a dream……” – Martin Luther King Jr.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s